translate this page

Translate Widget by GM IQBAL_LOVERS

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 22 Januari 2011

Amerika Kucurkan USD100 Ribu untuk Gaet Netters Indonesia

Kedutaan Besar AS telah meminta dana sekira USD100 ribu untuk meningkatkan pamor AS dan Barack Obama di mata pengguna internet di Indonesia.

Hal ini dinyatakan dalam kawat diplomatik Kedubes AS ke pemerintah pusat yang berhasil didapatkan dan disebarkan Wikileaks melalui Guardian, Rabu (19/1/2011). Dana ini diminta Kedubes AS sepekan sebelum jadwal kedatangan Barack Obama yang batal.


Kawat diplomati itu menyatakan bahwa permintaan dana sebesar USD100 ribu difokuskan untuk meningkatkan jumlah anggota Facebook Fan Page Kedubes AS di Indonesia. Mereka menargetkan akan mencapai sekira 1 juta anggota fan page di Indonesia dalam kurun 30 hari saja. Indonesia, ditulis dalam kawat tersebut, merupakan salah satu negara dengan pasar Facebook dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Sayangnya dalam kawat tersebut tidak diinformasikan apakah target tersebut tercapai atau tidak. Pada April tahun lalu, Facebook Fan Page milik Kedubes dan konsulat AS di Indonesia hanya mencapai 161.000 fans.

Lalu kawat diplomatik itu juga menceritakan untuk apa saja dana tersebut dikeluarkan. Di antaranya adalah meningkatkan iklan di media-media internet di Indonesia dan meningkatkan minat serta awareness masyarakat Indonesia terhadap kedatangan Presiden Barack Obama ke Indonesia.

"Jika Gedung Putih merestui, kami bisa mengundang beberapa penggemar untuk memposting alasan mengapa mereka mau bertemu Presiden Obama. Untuk melakukan hal itu kami akan menggunakan platform social media untuk menghubungkan penggemar dengan kunjungan tersebut. Kami pun akan membangun minat dan antusiasme masyarakat sebelum kedatangan Obama dan mengabarkan semua kegiatan setelah kunjungan itu berlangsung," tulis kawat diplomatik itu.

Kedubes AS, dalam kawat diplomatik itu, juga menyarankan untuk bekerja sama dengan televisi nasional dalam membangun antusiasme masyarakat terkait kedatangan Obama, salah satunya dengan membuat acara televisi yang berhadiah perjalanan edukasi ke AS untuk mengunjungi tempat-tempat yang sering disambangi Obama dalam hidupnya. Program ini diberi nama 'Golden Tickets'.

Sayangnya pihak Gedung Putih tidak memberikan izin kepada Kedubes AS yang menyarankan memberikan akses ke para pemenang Golden Ticket untuk bertemu Obama.

(okezone)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar