translate this page

Translate Widget by GM IQBAL_LOVERS

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 24 Januari 2011

China Berhasil Curi Rahasia Pesawat Siluman AS

Pejabat China baru-baru ini mengungkap pesawat tempur siluman yang bisa menjadi ancaman signifikan bagi Amerika Serikat (AS). Ternyata, teknologinya malah berasal dari AS.

Pejabat militer Balkan dan ahli lain mengatakan, kemungkinan besar China membuat pesawat itu berdasarkan teknologi F-117 Nighthawk AS yang ditembak jatuh di Serbia pada 1999.

Nighthawk merupakan pesawat tempur siluman pertama dunia yang sangat sulit dideteksi radar. Namun, pada 27 Maret 1999 selama pemboman udara NATO Serbia dalam perang Kosovo, rudal anti-pesawat Serbia menembak salah satu Nighthawk bawah.

Pilot berhasil keluar dan selamat. Kejadian itu merupakan kejadian pertama di mana pesawat tempur ‘tak terlihat’ itu tertembak. Pentagon yakin kombinasi taktik pintar dan keberuntungan memungkinkan misil SA-3 buatan Soviet menjatuhkan pesawat itu.

Seperti dikutip Strait Times, puing-puing pesawat berserakan di daerah lahan luar pertanian dan warga sipil mengumpulkan bagian-bagiannya sebagai suvenir.

“Pada saat itu, intelijen kami melaporkan agen China mondar-mandir di wilayah jatuhnya F-117, mereka membeli bagian pesawat dari petani. Kami yakin China menggunakan bahan-bahan itu guna mendapat wawasan teknologi rahasia siluman dan membalikkan teknisinya,” kata kepala militer Kroasia selama perang Kosovo Laksamana Davor Domazet-Loso.

(inilah)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar