translate this page

Translate Widget by GM IQBAL_LOVERS

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 08 Januari 2011

Kafein Dosis Tinggi bisa Ganggu Kecerdasan

terbiasa minum kopi dalam jumlah yang banyak? Saatnya untuk dibatasi dari saat ini. Anggapan yang ada saat ini, kafein bisa meningkatkan konsentrasi, membuat lebih sigap dan lebih bergairah dlam melaksanakan kegiatan termasuk pekerjaan di kantor. Bukan bermaksud menyalahkan anggapan itu, tapi ternyata kondisi tersebut memang benar tapi jika jumlah kafein yang di konsumsi dalam jumlah sedikit atau sesuai dengan kebutuhan tubuh . Semakin banyak jumlah kafein yang bunda konsumsi, ternyata manfaat yang didapat akan semakin berkurang. 
Setidaknya, begitulah yang dinyatakan oleh Cecile A.Marczinski, peneliti dari Northern Kentucky University. Dalam sebuah penelitian, mahasiswa yang diberi minuman berkafein dosis rendah (setara dengan setengah kaleng minuman energi), memiliki respon yang tinggi pada hasil tes yang membutuhkan respon cepat dalam layar komputer.
Namun ketika dosis kafein yang ditingkatkan, mereka justru merespon dengan lambat. Para partisipan dalam studi juga mengatakan secara mental merasa over stimulasi dan mengantuk setelah minum.

Penelitian dilakukan terhadap 80 mahasiswa berusia 18-40 tahun. Untuk mengetahui dampak dari kafein, para partisipan diberikan minuman berenergi dan sisanya diberi  minuman non kafein.
Konsumsi berlebih minuman tersebut juga bisa menyebabkan jantung berdebar sangat cepat akibat asupan kafein yang melebihi jumlah yang dianjurkan.

Minuman berenergi, yang biasanya mengandung kafein konsentrasi tinggi yang diminum secara berlebihan akan membuat tubuh menjadi mengantuk seperti efek minuman beralkohol.

sumber: www.health.kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar