translate this page

Translate Widget by GM IQBAL_LOVERS

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 22 Maret 2011

5 Sumbangsi Twitter Terhadap Dunia di Usianya yang ke-5

21 Maret 2006, Jam 4.50 sore Jack Dorsey memulai tweet pertama dengan menulis "just setting up my twttr." Lima tahun kemudian Dorsey dan rekannya Biz Stone dan Evan Williams telah berhasil merubah ide simpel microblogging ini menjadi sangat kuat, bahkan sanggup merubah dunia.

Selain kini sudah bernilai lebih dari 10 miliar dolar amerika dan memiliki 1 miliar tweet perminggunya. Twitter juga telah merubah kehidupan sosial dan cara berkomunikasi masyarakat dunia yang membuatnya sanggup membuat perubahan besar. Berikut adalah 5 momen bersejarah yang dicapai melalui Twitter, diantaranya:

Twitter dan Angkasa
Siaran televisi mengenai astronot sudah sangat jadul, kini teknisi penerbangan T.J Creamer telah menulis tweet pertamanya dari luar angkasa pada 22 Januari 2010. Pesan ini dimungkinkan melalui software NASA yang telah diupgrade, memberikan akses personal ke web di stasiun luar angkasa.


Twitter dan Obama

Bagaimana cara Barrack Obama sukses menjadi presiden di Amerika? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan layanan jejaring sosial untuk kampanyenya. Mungkin Obama bukan yang pertama kalinya menggunakannya, namun setidaknya dia adalah sosok pertama yang benar-benar memanfaatkan Twitter dan jejaring sosial lainnya untuk menggalang dana dan menjaga followernya untuk selalu tahu perkembangannya.
Ketika Obama menang menjadi presiden Amerika, dia mengtweet "We just made history. All of this happened because you gave your time, talent and passion. All of this happened because of you. Thanks." melalui akun twitter resminya. Jelas layanan microblogging ini sangat membantunya dalam kampanyenya.


Twitter dan Iran

Ketika pemerintah Iran memblokir situs twitter dan menahan seluruh akses ke jaringan SMS. Twitter menemukan cara untuk menjaga agar dunia tahu dan tetap up to date mengenai protes dan kekerasan yang terjadi di lingkungan pemilihan presiden.
Twitter bahkan menunda jadwal maintenancenya untuk menjaga agar informasi dari Iran tetap mengalir ke seluruh dunia. Twitter saat itu sangat berperan sebagai perangkat komunikasi terpenting di Iran.


Twitter dan Jepang

Bukan hanya korban bencana dan masyarakat Jepang saja yang menggunakan Twitter untuk tetap terhubung setelah gempa bumi berskala richter 8.9 dan tsunami melanda Jepang awal Maret ini. Para organisasi dan usaha bantuan lainnya juga menggunakan Twitter untuk menyebarkan informasi penting seperti nomor emergency, bahaya tsunami, jadwal kereta, lokasi penampungan bagi korban gempa, informasi terbaru, dll.
Satu jam setelah gempa melanda jepang, Twitter memperoleh 1200 tweet permenit dan bencana tersebut menduduki urutan ke-9 dari 10 trending topic teratas.


Twitter dan Mesir
Presiden Mesir Hosni Mubarak akhirnya melepas tampuk kepemimpinannya kepada penguasa militer Mesir. Ini terjadi juga karena peran Twitter. Setelah 88% jaringan online untuk berkomunikasi di blok oleh pemerintah, para pemrotes menggunakan Twitter dan jejaring sosial lainnya untuk meneruskan usahanya menggulingkan pemerintahan yang dinilai diktator.
Tanpa komunikasi yang dimungkinkan melalui Twitter, upaya politik ini dianggap tidak akan berhasil dengan cepat. Twitter telah berjasa dengan mengatur dan menampung harapan seluruh masyarakat mesir dan menghubungkannya ke dunia luar yang mengakibatkan urusan mesir menjadi seperti urusan dunia.
Kira-kira seberapa banyak Twitter mempengaruhi kehidupan anda? Atau mungkin telah membuat kehidupan anda ke arah yang lebih baik atau sebaliknya?

via pcworld

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar