translate this page

Translate Widget by GM IQBAL_LOVERS

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 23 Maret 2011

Harga Pokok Produksi iPad 2 di Bawah Rp. 3 Juta

Harga iPad 2 untuk memori sebesar 32 GB adalah 599 dollar AS. Tapi, tahukah Anda berapa ongkos produksi untuk membuat iPad 2 yang sudah mengalami beberapa peningkatan?

iSuppli memperkirakan harga asli perangkat yang tengah membeludak penjualannya ini sebesar 326,6 dollar AS (sekitar Rp 2,9 juta) saja. Selisihnya dengan iPad 1 hanya 6,6 dollar AS, di mana iPad versi pertama membutuhkan biaya 320 dollar AS per unitnya. Jika biaya perakitan (manufacture cost) dihitung, maka ditambahkan lagi sebesar 10 dollar AS menjadi 336,6 dollar AS per unit iPad 2.
Apa sajakah komponen termahal dari sebuah iPad 2?
Ternyata komponen layar beserta sistem layar sentuhnya menduduki urutan pertama, yaitu senilai 127 dollar AS. Harga ini memang jauh lebih mahal ketimbang layar iPad 1 yang hanya 95 dollar AS. Tentu saja karena spesifikasi layar terbaru ini lebih baik.
Komponen baterai yang dipakai iPad 2 seharga 25 dollar AS, sedangkan baterai pada iPad 1 hanya 21 dollar AS. Maklum, baterai iPad 2 memang lebih tipis dan menggunakan tiga sel. Pada baterai iPad 1 hanya dua sel.
Sementara itu, prosesor A5 menduduki harga tertinggi ketiga, yaitu sebesar 14 dollar AS per chip-nya. Harga ini jelas lebih mahal daripada chip A4 yang digunakan pada iPad 1, yaitu sekitar 75 persen lebih mahal.
Total jenderal untuk membayar tiga komponen ini, Apple harus mengeluarkan kocek sebesar 166 dollar AS. Artinya, uang sebesar 160,6 dollar AS lainnya terbagi rata ke komponen lainnya.
Bagaimana mungkin masih ada selisih lebih dari 250 dollar AS untuk sebuah iPad? Nah, jangan lupa ada lagi biaya-biaya lain yang belum masuk hitungan, sebutlah iklan, promosi, pajak, dan lain-lain.

(kompas)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar