translate this page

Translate Widget by GM IQBAL_LOVERS

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 09 Juni 2011

10 Tahun, Wikipedia Akan jadi 'Keajaiban Dunia

Genap berusia 10 tahun, Wikipedia, ensiklopedia online yang bisa diedit oleh siapa saja, tengah gencar berkampanye agar situsnya terdaftar sebagai World Heritage Site atau situs warisan dunia di UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization).

Organisasi non profit yang mengurusi situs ini, Wikimedia, telah mengumumkan sebuah petisi yang menyatakan bahwa Wikipedia adalah karya besar dari kejeniusan kreatifitas manusia dan juga memiliki nilai kemanusiaan universal.

Jika kampanye ini berhasil, Wikipedia akan menjadi 'benda' digital pertama yang masuk dalam daftar bergengsi keajaiban alam dan budaya dunia UNESCO.

Ide mendaftarkan diri untuk status World Heritage Site awalnya diajukan awal tahun ini oleh Wikimedia di Jerman. Gagasan tersebut lantas didukung oleh Wikimedia di berbagai negara dan keluarlah petisi itu pada pekan ini.

"Ini tidak hanya kisah kesuksesan dalam sejarah internet, tetapi juga kisah keberhasilan bagi perubahan paradigma dalam perlakuan terhadap ilmu pengetahuan gratis," kata Jimmy Wales, Co-Founder Wikipedia.

Disebutkannya, Wikipedia siap bersaing dengan sejumlah World Heritage Sites UNESCO lainnya. Menurutnya, bagian yang tengah mereka coba upayakan adalah mempromosikan ide bahwa Wikipedia sebagai fenomena kultural. (Detik/Telegraph)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar